Jumat, 02 Januari 2015

Tips Makanan Penderita Batu Empedu

Tips Makanan Penderita Batu Empedu ~ Seperti penyakit lainnya, selain ada pantangan ada juga makanan wajib yang dianjurkan agar lebih membantu proses penyembuhan penderita batu empedu. Nah apa saja makanan wajip bagi penderita batu empedu tersebut? Mari kita simak bersama-sama.



Sayuran berdaun hijau seperti Bayam, Sawi, dan Kangkung merupakan beberapa contoh sayuran yang bisa memberikan manfaat pada hati dan kandung empedu.

Pada sayuran hijau terkandung klorofil yang bisa membuat tubuh bersifat lebih basa. Dampak positifnya, residu asam di dalam tubuh dapat dibuang.

Dengan demikian, beban pada hati menjadi berkurang. Lebih lanjut lagi, ini bisa melarutkan batu empedu sehingga kandung empedu pun menjadi sehat.

Sayuran lainnya yang bisa membantu memecah lemak adalah Lobak yang dipercaya mampu mengusir batu empedu. Begitu juga dengan tanaman rimpang bernama Kunyit, dimana kandungan kurkuminnya mampu menurunkan peradangan dan melarutkan batu empedu. Pemakaiannya bisa sangat efektif jika dipadukan dengan penggunaan Lada hitam.

Sedangkan, dari golongan buah, Apel sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita batu empedu karena vitaminnya dapat menyehatkan kandung empedu.

Begitupun asam malat dan tartarat yang terkandung di dalamnya, yang dipercaya mampu memecah kolesterol—salah satu bahan pembentuk batu empedu.

Makanya, Apel segar maupun yang berbentuk jus, sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita batu empedu karena sangat baik untuk mencegah terjadinya penyakit ini.

Sayuran dan buah lainnya yang direkomendasikan adalah Bit, Brokoli, Wortel, Seledri, Jeruk, Lemon, Sawi, Bayam, Semangka dan Bawang putih.

Intinya, pencegahan batu empedu bisa dilakukan dengan meningkatkan asupan serat larut air yang biasanya terdapat pada sayuran dan buah-buahan di atas.

Baca Juga Artikel Mengenai Obat Batu Empedu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar