Rabu, 24 Desember 2014

Perbedaan Gagal Ginjal Akut Dan Kronis

Penyakit gagal ginjal terjadi ketika ginjal tidak mampu berfungsi secara normal. Ada dua jenis gagal ginjal yaitu akut dan kronis. Untuk dapat mengobati gagal ginjal secara efektif, perlu diketahui jenis gagal ginjalnya apakah gagal ginjal akut yang terjadi secara tiba-tiba atau gagal ginjal kronis yang sudah berlangsung lama. Gagal ginjal akut memiliki onset mendadak, dan berpotensi reversibel. Sedangkan gagal ginjal kronis berlangsung perlahan-lahan selama setidaknya tiga bulan dan dapat menyebabkan gagal ginjal yang permanen.

Gagal Ginjal


Penyebab Gagal Ginjal Akut Dan Kronis

 
Berbagai kondisi medis, penyakit, dan obat-obatan dapat menciptakan situasi yang mengarah pada penyakit gagal ginjal akut dan kronis.
  • Gagal ginjal akut (GGA) biasanya disebabkan oleh sebuah peristiwa yang mengarah kepada kerusakan  ginjal, seperti dehidrasi, kehilangan banyak darah ketika operasi besar atau cedera, bisa juga karena penggunaan obat-obatan.
  • Penyakit ginjal kronis (GGK) biasanya disebabkan oleh penyakit jangka panjang, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, yang secara perlahan merusak ginjal dan mengurangi fungsi ginjal dari waktu ke waktu.
Lebih lengkapnya lagi berikut saya sajikan dalam bentuk tabel.
 
Gagal Ginjal AkutGagal Ginjal Kronis
Penurunan aliran darah ke ginjal. Hal ini dapat terjadi karena kehilangan darah, operasi, atau syok.obstruksi atau penyumbatan  berkepanjangan saluran kemih.
Adanya obstruksi atau penyumbatan di sepanjang saluran kemih, misalnya batu ginjal.Sindrom Alport – kelainan bawaan yang menyebabkan ketulian, kerusakan ginjal progresif, dan cacat mata.
Sindrom uremik hemolitik – biasanya disebabkan oleh infeksi E. coli, gagal ginjal terjadi sebagai akibat dari obstruksi struktur fungsional terkecil  dalam ginjal.Sindrom nefrotik – suatu kondisi yang memiliki beberapa penyebab yang berbeda. Sindrom nefrotik ditandai dengan Protein dalam urin, kadar protein dalam darah rendah, kadar kolesterol yang tinggi, dan pembengkakan jaringan.
Menelan obat tertentu yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal.Penyakit ginjal polikistik – kelainan genetik yang ditandai dengan pertumbuhan banyak kista  di ginjal.
Glomerulonefritis – jenis penyakit ginjal yang melibatkan glomeruli. Selama glomerulonefritis, glomeruli menjadi meradang dan menganggu kemampuan ginjal untuk menyaring urin.
Setiap kondisi yang dapat mengganggu aliran oksigen dan darah ke ginjal seperti serangan jantung.
 
Gejala Penyakit Gagal Ginjal

Gejala penurunan fungsi ginjal, seperti penumpukan cairan atau ketidakseimbangan elektrolit , lebih mungkin merupakan gejala gagal ginjal akut, terlepas dari berapa lama ginjal tersebut telah rusak. Gejala yang muncul mencerminkan langsung masalah yang terjadi pada ginjal, seperti :
 
  1. Obstruksi pada saluran kemih karena batu ginjal bisa menyebabkan nyeri pinggang, darah dalam urin, atau output urin berkurang.
  2. Dehidrasi dapat menyebabkan rasa haus yang ekstrim, pusing hingga pingsan,  nadi cepat dan lemah, dan gejala lainnya.

Gejala gagal ginjal kronis biasanya baru akan muncul ketika fungsi ginjal sudah sangat terganggu, artinya ginjal memiliki fungsi yang normal namun tersisa sedikit. Masalah lain yang dapat berkembang seiring dengan penyakit gagal ginjal kronis, antara lain: anemia dan peningkatan kadar fosfat dalam darah (hiperfosfatemia), bersama dengan komplikasi yang disebabkan oleh gagal ginjal.

Baca juga informasi mengenai Obat Gagal Ginjal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar